DOA AGAR HUJAN TIDAK TURUN SEBAGAI BENCANA

868eb-vvcMenghentikan hujan atau mengalihkannya ke tempat yang lain bukanlah semata keinginan atau keahlian pawang hujan saja. Semua orang berhak dan bisa menghindarkan dirinya dari guyuran air hujan. Bisa dengan berlindung di bawah payung, di balik mantel anti hujan, atau meneduh di bawah pohon. Itu adalah pilihan bebas, sebagaimana seseorang juga bebas dan bisa memohon dan berdoa kepada Allah swt. Yang Memiliki Kuasa atas Segalanya termasuk juga mengatur dan memindah hujan.

.

Sesungguhnya hal ini pernah dilakukan Rasulullah saw. semasa hidupnya sebagaimana diterangkan dalam kitab Sahih Bukhari yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra.  :

.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ : وَاللَّهِ مَا رَأَيْنَا الشَّمْسَ سِتًّا ثُمَّ دَخَلَ رَجُلٌ مِنْ ذَلِكَ الْبَابِ فِي الْجُمُعَةِ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَائِمٌ يَخْطُبُ فَاسْتَقْبَلَهُ قَائِمًا فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلَكَتْ الْأَمْوَالُ وَانْقَطَعَتْ السُّبُلُ فَادْعُ اللَّهَ يُمْسِكْهَا عَنَّا قَالَ فَرَفَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدَيْهِ ثُمَّ قَالَ اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Dari Anas bin Malik, dia berkata: “Demi Allah, sungguh kami tidak melihat matahari selama enam hari. Kemudian pada hari Jum’at ada seorang laki-laki masuk ke pintu masjid, sementara Rasulullah saw sedang berdiri menyampaikan khutbahnya. Orang itu lalu berdiri menghadap beliau seraya berkata, “Wahai Rasulullah, harta benda telah binasa dan jalan-jalan pun terputus (akibat bencana). Maka mintalah kepada Allah agar menahan hujan dari kami!” Maka Rasulullah saw pun mengangkat kedua tangannya seraya berdoa: “Ya Allah, turunkanlah hujan itu di sekitar kami dan janganlah membahayakan kami. Ya Allah, turunkanlah (hujan itu) di atas bukit-bukit, dataran tinggi, jurang-jurang yang dalam serta pada tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.”. (HR. Bukhari)

.

Do’a di atas menunjukkan betapa manusia hanya bisa berdoa mengharap belas kasihan-Nya ketika berhadapan dengan kekuatan alam yang merupakan Tajjaliy dari-Nya. Hanya sekedar mengatur air pun manusia tidak mampu. Oleh karena itu, semoga Allah menghindarkan air hujan yang menyebabkan bencana, kerusakan, banjir, wabah penyakit dan sebagainya.

.

http://talimulquranalasror.blogspot.co.id/2013/12/doa-rasulullah-saat-memindah-hujan.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s