RAMADHAN JAZZ FESTIVAL KE-6 DIGELAR DI MASJID CUT MEUTIA JAKARTA

Ramadhan-Jazz-Festival-2016DAKWAH DENGAN JAZZ MUSIC
Laman http://poskotanews.com/2016/06/12/ramadhan-jazz-festival-2016-hidupkan-suasana-jakarta/,  http://lifestyle.sindonews.com/read/1114347/157/ramadhan-jazz-festival-digelar-17-18-juni-2016-1465185369 dan laman lainnya mewartakan acara menarik dan berbeda kembali nongol di Jakarta. Ibukota Indonesia itu mengadakan perhelatan Ramadhan Jazz Festival 2016 (RJF 2016) yang diselenggarakan 17-18 Juni. Menariknya, acara tersebut menjadi acara jazz pertama di dunia yang diadakan di lingkungan Masjid yakni di Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat.

.

“Di bulan Ramadhan kita bisa berwisata dengan musik. Musisi yang akan hadir juga dari berbagai daerah dan punya nama bahkan kami publikasikan lewat sosial media untuk di kenal di dunia. Silahkan berwisata sambil menikmati musik,” ujar Project Officer Ramadhan Jazz Festival, Deo Saputra.

.

055258900_1434606533-IMG_4424Deo mengatakan, acara menyambut datangnya bulan suci Ramadhan ini diprakarsasi oleh Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA). Tahun ini, satu-satunya gelaran musik Jazz di bulan Ramadhan ini memasuki tahun keenam.

.

Mengusung tema Harmony in Culture of Islam, Ramadhan Jazz Fastival hadir sebagai sarana dakwah untuk mengajak masyarakat, khususnya para remaja muslim untuk meningkatkan kecintaan pada agama Islam dan memperkuat jalinan tali silaturahmi.

.

Acara yang akan dilaksanakan di pelataran parkir Masjid Cut Mutia ini juga akan dimeriahkan oleh musisi kenamaan dalam negeri. Mulai dari musisi Jazz beda generasi, Barry Likumahuwa dan Idang Rasjidi, Ecoutez, Oele Pattiselanno. “Jazz merupakan musik yang paling bisa membaur dengan anak muda sekarang dan bersinergi dengan hal apapun,”kata Deo. Digelar setelah salat tarawih hingga pukul 00.00 WIB, acara ini juga menggelar donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI), penggalangan dana juga akan dilakukan melalui infaq di mana dana yang terkumpul akan digunakan untuk memperbaiki sekolah. ”Kita targetkan tahun ini 10-12 ribu pengunjung,” pungkasnya.

.

Deo menambahkan, Ramadhan Jazz Festival merupakan laboratorium hidup generasi muda untuk belajar dan saling menginspirasi anak-anak muda lainnya. RJF sendiri merupakan gagasan WartaJazz, sebuah eco-system jazz Indonesia yang juga menyelenggarakan sejumlah Festival Jazz lain seperti Mahakam Jazz Fiesta, Balikpapan Jazz Fiesta, Bali Jazz Festival dan berbagai kegiatan lainnya.

.

RICMAimages

Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) merespon tawaran Wartajazz sebagai penyelenggara Ramadhan Jazz Festival sejak tahun 2010, lalu dilanjutkan dengan membuat komitmen kerjasama dan menggarap kegiatan yang menyedot perhatian banyak anak-anak muda.

.

Pada 29 Mei lalu, untuk menyambut bulan suci Ramadhan, RICMA juga mengajak kawula muda dan dewasa pecinta olahraga lari untuk mengikuti Run To Mosque yang terbagi dalam kategori jarak 100 K, 150K dan 210 K.

.

Masjid Cut Meutia terletak di Jalan Cut Meutia No.1, Menteng, Jakarta Pusat. Masjid ini merupakan salah satu peninggalan dari zaman penjajahan kolonial. Sebelum difungsikan sebagai mesjid sebagaimana sekarang, bangunan ini pernah digunakan sebagai kantor pos, kantor Jawatan Kereta Api Belanda dan kantor Kempetai.

.

Masjid Cut Meutia juga memiliki arsitektur yang unik. Mihrab dari masjid ini diletakkan di samping kiri dari saf salat (tidak di tengah seperti lazimnya). Selain itu posisi safnya juga terletak miring terhadap bangunan masjidnya sendiri karena bangunan masjid tidak tepat mengarah kiblat.

Anda bisa menuju tempat ini menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Apabila menggunakan commuter line, Anda dapat turun di Stasiun Gondangdia, sementara shelter Bus Transjakarta yang terdekat adalah Sarinah.

.

Aksi-Andien-saat-meramaikan-Ramadhan-Jazz-Festival-pertama-tahun-2011-di-pelataran-Masjid-Cut-Mutia.-Foto-Adji-K.Menpar Arief Yahya menjelaskan saat ini lagu-lagu bernuansa rohani, islami dan bermuatan doa-doa itu sudah semakin banyak dan menemukan marketnya. Pada saat Ramadan dan Lebaran, adalah waktu yang biasa digunakan untuk melaunching karya-karya musisi kita. Selama ini banyak yang nge-boom, karena bidikan pasarnya pas, ketika mereka yang sedang menjalani ibadah puasa.

.

Timing itu penting, dan saat ini adalah masa yang paling pas untuk mempromosikan karya music bernuansa Islami. “Di Pop banyak yang sukses selama ini. Ada Opick, Gita Gutawa, Hadad Alwi, Ungu, Gigi, dan lainnya. Generasi dulu ada Bimbo, yang lagu-lagunya selalu nge-hits di bulan Ramadan. Jadi, silakan berkreasi, sukses hidupkan Bulan Ramadan,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia.

(prihandoko/sir)

.

322947_ramadhan-jazz-festival_663_382SINYALEMEN RASULULLAH SAW

  1. Imam Bukhari telah menyebut dalam kitab Shahih-nya dalam Bab Apa-Apa yang Datang Seputar Orang yang Menghalalkan Khamr dan Menamainya dengan Nama Lain. Kemudian beliau membawakan hadits sebagai berikut :

.

وقال هشام بن عمار حدثنا صدقة بن خالد حدثنا عبد الرحمن بن يزيد بن جابر حدثنا عطية بن قيس الكلابي حدثنا عبد الرحمن بن غنم الأشعري قال حدثني أبو عامر أو أبو مالك الأشعري والله ما كذبني سمع النبي صلى الله عليه وسلم يقول ليكونن من أمتي أقوام يستحلون الحر والحرير والخمر والمعازف ولينزلن أقوام إلى جنب علم يروح عليه بسارحة لهم يأتيهم يعني الفقير لحاجة فيقولوا ارجع إلينا غدا فيبيتهم الله ويضع العلم ويمسخ آخرين قردة وخنازير إلى يوم القيامة

Telah berkata Hisyam bin ‘Ammar : Telah menceritakan kepada kami Shadaqah bin Khalid : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman  bin Yazid bin Jaabir : Telah menceritakan kepada kami ‘Athiyyah bin Qais Al-Kilaaby : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin Ghunm Al-Asy’ary ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Abu ‘Aamir atau Abu Malik Al-Asy’ary – demi Allah dia ia tidak mendustaiku – bahwa ia telah mendengar Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Akan ada di kalangan umatku suatu kaum yang menghalalkan zina, sutera, khamr, alat musik (al-ma’aazif). Dan sungguh beberapa kaum akan mendatangi tempat yang terletak di dekat gunung tinggi lalu mereka didatangi orang yang berjalan kaki untuk suatu keperluan. Lantas mereka berkata : “Kembalilah besok”. Pada malam harinya, Allah menimpakan gunung tersebut kepada mereka dan sebagian yang lain dikutuk menjadi monyet dan babi hingga hari kiamat” [HR. Al-Bukhari no. 5268. Diriwayatkan juga oleh Ibnu Hibban no. 6754; Ath-Thabrani dalam Al-Kabir no. 3417 dan dalam Musnad Syamiyyin no. 588; Al-Baihaqi 3/272, 10/221; Al-Hafidh Ibnu Hajar dalam Taghliqut-Ta’liq 5/18,19 dan yang lainnya. Hadits ini memiliki banyak penguat].

.images1

  1. MERAJALELANYA AL-MA’AZIF (ALAT-ALAT MUSIK) DAN MENGHALALKANNYA
    Diriwayatkan dari Sahl bin Sa’d Radhiyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

.

يَكُونُ فِـي آخِرِ الزَّمَانِ خَسْفٌ وَقَذْفٌ وَمَسْخٌ قِيْلَ: وَمَتَى ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: إِذَا ظَهَرَتِ الْمَعَازِفُ وَالْقَيْنَاتُ.

“Di akhir zaman nanti akan ada (peristiwa) di mana orang-orang ditenggelamkan (ke dalam bumi), dilempari batu dan dirubah rupanya.” Beliau ditanya, “Kapankah hal itu terjadi wahai Rasulullah!” Beliau menjawab, “Ketika alat-alat musik dan para penyanyi telah merajalela.” [2]
.

Tanda-tanda Kiamat ini telah banyak bermunculan pada zaman-zaman sebelumnya, dan sekarang lebih banyak lagi. Alat-alat musik telah muncul di zaman ini dan menyebar dengan penyebaran yang sangat luas serta banyak para biduan dan biduanita. Merekalah yang diisyaratkan dalam hadits ini dengan ungkapan “الْقَيْنَـاتُ (para penyanyi).”

Sumber: https://almanhaj.or.id/3182-17-19-alat-alat-musik-dan-minuman-keras-menganggapnya-halal-berlomba-menghias-masjid.html dan http://abul-jauzaa.blogspot.co.id/2008/05/hukum-musik-dan-nyanyian-2.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s