TAUSIYAH 11 RAMADHAN 1436 H / AHAD 28 JUNI 2015 “MAJELIS ILMU (DIRASAH) DALAM BULAN RAMADHAN” OLEH USTADZ SUNARDI

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – أَجْوَدَ النَّاسِ ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِى رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ ، وَكَانَ يَلْقَاهُ فِى كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ ، فَلَرَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ
.
Dari Ibnu Abbas, ia berkata: “Rasulullah SAW adalah orang yang paling murah hati, lebih-lebih ketika bertemu Jibril di bulan Ramadhan. Beliau bertemu Jibril pada pada setiap malam bulan Ramadhan untuk tadarus Al-Qur’an. Maka sifat murah hati Rasulullah melebihi hembusan angin.” Shahih Bukhari (صحيح البخارى), Kitab Bad’il Wahyi (كتاب بدء الوحى) (Permulaan Turunnya Wahyu). 
.
Hadits ini, di samping menjelaskan sifat murah hati Rasulullah (terlebih saat Ramadhan), juga menginformasikan bahwa Rasulullah melakukan tadarus Al-Qur’an bersama Jibril pada malam bulan Ramadhan.
.
Penjelasan
.
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – أَجْوَدَ النَّاسِ
.
1. Rasulullah SAW adalah orang yang paling murah hati
.
Kalimat (جُوْد) artinya adalah memberi sesuatu kepada yang berhak menerimanya. Ia lebih umum daripada sedekah. Sifat ini adalah sifat Allah SWT yang Ia sukai jika manusia juga memilikinya.
.
Sebaik-baik manusia yang dicintai oleh Allah adalah Rasulullah. Dan beliau manusia terbaik pemilik sifat ini. Maka banyak kita dapatkan riwayat yang menjelaskan sifat murah hati beliau. Misalnya dalam riwayat Anas bin Malik:
.
أنا أجود ولد آدم وأجودهم بعدي رجل علم علما فنشر علمه ورجل جاد بنفسه في سبيل الله
.
Saya adalah keturunan anak Adam yang paling bermurah hati dan orang yang paling bermurah hati setelahku adalah orang yang memiliki ilmu dan menyebarkan ilmunya serta orang yang menyerahkan dirinya untuk berjuang di jalan Allah.
.
Dalam riwayat yang lain Anas bin Malik menyebutkan:
.

كان النبي صلى الله عليه و سلم أشجع الناس وأجود الناس
.
Nabi SAW adalah orang yang paling berani dan paling murah hati
.
وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِى رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ
 
.
Rasulullah lebih pemurah lagi ketika bertemu Jibril di bulan Ramadhan
.
Sifat murah hati Rasulullah yang demikian besar, bertambah hebat lagi pada waktu bulan Ramadhan. Pada hari biasa saja kedermawanan Rasulullah sulit untuk dilakukan. Seperti dalam riwayat Ahmad: “Tidak ada sesuatu yang diminta dari beliau kecuali beliau memberikannya.” Sedangkan riwayat dari Jabir “Tidak pernah ada sesuatu yang diminta dari beliau lalu dijawab ‘tidak'”

.
وَكَانَ يَلْقَاهُ فِى كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ
.
 
2. Beliau bertemu Jibril setiap malam bulan Ramadhan untuk tadarus Al-Qur’an
Menurut Ibnu Hajar Al-Asqalani artinya adalah menghafal Al-Qur’an. Pada prakteknya, Rasulullah membaca Al-Qur’an di hadapan Jibril dan Jibril yang mengeceknya. Ini untuk memastikan bahwa tidak ada satu huruf pun yang salah. Seluruh Al-Qur’an harus sama sebagaimana adanya di lauh mahfudz. Tidak boleh ada perbedaan sedikitpun. 
.
Menurut Ibnu Hajar Al-Asqalani, hadits ini juga menjadi bukti bahwa Al-Qur’an diturunkan pertama kali pada bulan Ramadhan. Lalu setiap Ramadhan dicek, bahkan pada Ramadhan terakhir sebelum Rasulullah wafat, pengecekan berlangsung dua kali.

.

فَلَرَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

.
3. Sifat murah hati Rasulullah – di bulan Ramadhan – melebihi hembusan angin

الْمُرْسَلَةِ artinya adalah berhembus dengan cepat. Digambarkan demikian karena kedermawanan Rasulullah lebih cepat dari hembusan angin. Dan kedermawanan Rasulullah selalu ada sebagaimana hembusan angin yang selalu ada pula.
.
Angin yang membantu awan sampai menjadi hujan. Angin yang membantu penyerbukan tanaman. Angin yang membantu pernafasan manusia. Dan angin pula yang menggerakkan layar dan kincir angin. Inilah sebagian dari kemurahan angin.

.
Wallaahu a’lam bish shawab. []
.
Reff:  http://indahnyaislamindonesia.blogspot.com/p/tadarus-al-qur-an.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s