8 Imbauan DMI Selama Ramadan

8 Imbauan DMI Selama Ramadan
Sesuai hasil sidang isbat Selasa (16/6), umat muslim di Indonesia melaksanakan ibadah puasa mulai hari Kamis. Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan delapan imbauan dan pesan agar menjadi perhatian masyarakat selama Ramadan ini.
.
“Berkaitan dengan hal tersebut, Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) merasa perlu menyampaikan imbauan dan pesan, khususnya bagi umat Islam maupun masyarakat pada umumnya,” kata Sekjen DMI Imam Addaruquthni, dalam rilis yang diterima, Kamis (18/6).
.
Berikut delapan imbauan dan pesan tersebut:
Pertama, Dewan Masjid merasa bersyukur bahwa situasi dan kondisi menjelang datangnya bulan suci Ramadan relatif stabil, kondusif, dan aman.
.
“Kondisi ini perlu kita jaga terus dan kembangkan lebih baik selama bulan Ramadan dan bulan-bulan setelahnya. Dengan demikian, kami berharap umat dapat menjalankan ibadah Ramadan dengan khusyuk, aman, dan nyaman,” ungkap Imam.
.
Kedua, mengingat keberagaman di masyarakat, DMI menyeru dan meminta umat Islam dan umat lainnya untuk selalu menjaga kerukunan umat beragama. Saling menghormati dan menghargai antar umat beragama sangat penting untuk terciptanya tatanan yang damai dan sejuk.
.
Ketiga, DMI mengimbau masyarakat untuk mengurangi budaya konsumtif yang biasa marak saat bulan suci Ramadan. Hal itu penting untuk menghindari kemudharatan dan hal-hal negatif lainnya yang dapat merusak kualitas ibadah puasa.
.
“Justru kita harus tanamkan dan biasakan hidup prihatin sebagai bentuk keberpihakan dan empati terhadap kaum dhuafa yang menjadi salah satu esensi dan tujuan berpuasa. Menampakkan kemewahan dan menghamburkan materi yang tak perlu tidak saja dapat merusak kualitas puasa, tapi juga dapat merusak keharmonisan bermasyarakat,” ujar Imam.
.
Keempat, Dewan Masjid meminta kepada masjid-masjid untuk menyemarakkan syiar Ramadan dengan mengisi berbagai kegiatan yang produktif dan memberdayakan jamaah serta masyarakat sekitar masjid. Hal ini penting agar keberadaan masjid dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh jamaah.
.
Selain itu, DMI menyerukan ceramah-ceramah yang dilakukan di masjid-masjid agar menghindari tema-tema yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan, seperti mengandung unsure kebencian, kekerasan, dan SARA.
.
Kelima, Dewan Masjid menyerukan agar syiar dilakukan secara tertib, terutama penggunaan pengeras suara, sebagaimana ditegaskan oleh Ketua Umum DMI, HM Jusuf Kalla. Karena jarak masjid yang tidak terlalu berjauhan (meski tidak semua), serta lingkungan sekitar masjid yang beragam, maka diperlukan pengaturan pengeras suara agar lebih teratur dan efektif.
.
“Pak Ketum, Jusuf Kalla, bukannya melarang penggunaan pengeras suara untuk mengaji Alquran. Yang dimaksud beliau, durasi waktu mengaji agar diatur, jangan azan masih 30 menit atau bahkan masih 1 jam, ngaji dengan kaset sudah dibunyikan. Ngaji akan jauh lebih baik jika dibaca langsung, bukan melalui kaset, serta dengan durasi yang tidak terlalu panjang, 10-15 menit sudah cukup. Ini semata untuk kepentingan bersama,” jelas Imam.
.
Keenam, terkait situasi dan kondisi perekonomian belakangan ini, dimana harga-harga beberapa komoditi kebutuhan sehari-hari mengalami kenaikan, maka Dewan Masjid menyerukan kepada pemerintah agar melakukan tindakan dan mengelarkan kebijakan konkret guna mengendalikan dan menurunkan harga sembako. Pemerintah diminta tegas menindak mafia-mafia yang menguasai perekonomian dan mengakibatkan melambungnya harga-harga dan menyengsarakan rakyat.
.
Ketujuh, DMI meminta kepada pemerintah untuk tetap memperhatikan nasib pengungsi Rohingya yang banyak mengungsi di daerah Aceh dan wilayah lainnya di Indonesia. Kebutuhan kemanusiaan mereka harus dipastikan terpenuhi dengan baik, lebih-lebih di bulan baik ini.
.
Kedelapan, DMI menyampaikan ‘Selamat Menunaikan Ibadah Puasa’ kepada kaum muslimin. Semoga ibadah Ramadan dapat dijalankan dengan baik dan lancar. (detikcom/y/w)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s