13

RUMAH NOMOR 13

Menghadiri undangan pernikahan pada Senin pagi tanggal 8 Desember 2014 di Jalan Pembangunan RT 13 Buntok yang bertepatan tanggal 15 Shafar 1436 Hijriyah  ternyata menimbulkan kenyataan baru. Apa kenyataan itu? Rumah mempelai berhadapan dengan rumah M Romli, pensiunan Polisi yang bangga angka 13 untuk nomor rumahnya. Malah nomor rumahnya itu dibuat besar di depan pagar, menandakan pemiliknya senang memiliki 13 untuk nomor rumah dan RT-nya.

M Romli pemilik akun Eagle John  https://www.facebook.com/mohammed.romly?fref=ufi justru akrab dengan angka 13 karena masuk ke Buntok pada tanggal 13 dan istrinya guru di SD Negeri 13 Buntok. Artinya angka 13 bukanlah angka sial baginya justru angka keberuntungan. Kebanggaan akan angka 13 semakin kuat ketika terima gaji ke-13. Siapa bilang gaji ke-13 gaji sialan..?

Kesialan angka 13 ternyata sub-hat internasinal. Berdasarkan  http://palingseru.com/34530/5-angka-sial-yang-dipercaya-di-berbagai-negara dan http://annisaabdiwijaya.blogspot.com/2011/09/sejarah-kenapa-angka-13-dianggap-angka.html, sialnya angka 13 tidak terbatas di masyarakat Indonesia saja tapi masyarakat dunia seperti Amerika, China, Eropa dan Afrika terutama Mesir. Tapi walau pun anggapan sial itu merata di dunia internasional, toh Pak Romli sangat bangga berhubungan dengan angka 13 karena 13 adalah hoki dan jauh dari makna sial. 

.

KESALAHAN MERASA SIAL

Merasa sial atau thiyarah atau tathayur bukan ajaran Islam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut perbuatan ini sebagai kesyirikan, sebagaimana disebutkan dalam hadits dari sahabat Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الطِّيَرَةُ شِرْكٌ، الطِّيَرَةُ شِرْكٌ، ثَلَاثًا

“Thiyarah itu syirik…, Thiyarah itu syirik…, (diulang 3 kali)” (HR. Ahmad, Abu Daud, Ibn Majah, dan yang lainnya. Syuaib Al-Arnauth mengatakan, Sanadnya shahih).

.

Dengan demikian tidak ada itu istilah Celaka 12 atau sialnya angka 13, yang ada justru berkahnya gaji ke-13..?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s