MENGUPAYAKAN WALIMAH PERNIKAHAN SESUAI SUNNAH

 46d4b-dsc00118Walimah Pernikahan Caya Priyana, SH bin Haji Dedi Apandi dengan Norliyan, S,TP, M.Pd binti Haji Gunawan yang dilaksanakan pada hari Sabtu pagi tanggal 29 November 2014 di rumah orang tua mempelai wanita merupakan resepsi yang unik dari beberapa segi:
DSC00124Pertama, walimah dilaksanakan pada bulan Shafar. Masyarakat tidak ada yang menggelar hajatan dalam bulan ini karena menganggap shafar adalah bulan sial yang penuh musibah.
DSC00130Kedua, walimah dilaksanakan tanpa adanya kesenian seperti hiburan, musik atau artis.
DSC00134Ketiga, mempelai tidak duduk bersandingan tetapi duduk terpisah dihadapan undangan yang dipisah pula. Pengantin pria menjamu undangan pria dan pengantin wanita menjamu undangan wanita. Undangan pria dan wanita dipisah.
DSC00133Keluarga Haji Gunawan (Unggu) menghelat pernikahan seperti ini untuk kedua kalinya dan dialah yang mempelopori walimah pernikahan semacam ini di Buntok, Kalimantan Tengah.
DSC00122Diriwayatkan oleh sahabat Jarir bin Abdillah al-Bajali radhiallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah bersabda:

مَنْ سَنَّ فِيْ الإِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا بَعْدَهُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُوْرِهِمْ شَىْءٌ، وَمَنْ سَنَّ فِيْ الإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَىْءٌ

“Barang siapa memulai dalam Islam sunnah yang baik maka baginya pahala dari perbuatannya tersebut, dan pahala dari orang yang melakukannya (mengikutinya), tanpa berkurang sedikitpun dari pahala mereka. Dan barang siapa merintis dalam Islam sunnah yang buruk maka baginya dosa dari perbuatan tersebut dan dosa dari orang yang melakukannya (mengikuti) setelahnya tanpa berkurang dari dosa-dosa mereka sedikitpun”. (HR. Muslim no 1016)

Semoga Allah memberikan pahala untuk usaha baik semacam ini, amin.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s